Selasa, 23 September 2008

Networking

Jaringan Komputer

Introduction Jaringan Komputer
Network (jaringan) adalah sekelompok komputer otonom yang saling dihubungkan satu dengan lainya menggunakan protocol komunikasi melalui media transmisi atau media komunikasi sehingga dapat saling berbagi data, informasi, program – program, penggunaan bersama perangkat keras seperti printer, hardisk dan sebagainya1. Hal yang paling penting dalam jaringan adalah protocol dan media yang menghubungkan antara komputer satu dengan lain. Protocol sendiri adalah seperangkat aturan komunikasi di mana end point dalam hubungan telekomunikasi digunakan untuk mengirim dan menerima sinyal2. Sedangkan media dalam jaringan dibagi menjadi dua jenis yaitu :
  1. Jaringan Wired adalah jaringan komputer yang menggunakan kabel untuk komunikasi antar komputer. Terdapat berbagai macam jenis kabel yang digunakan dalam jaringan, seperti kabel UTP (Unsielded Twisted Pair)3, Fiber Optic Cabel dll.
  2. Jaringan Wireless adalah sistem jaringan komputer yang tidak menggunakan kabel sebagai media transmisinya, melainkan gelombang radio, sinar infra merah, satelit dll4. Contoh jaringan wireless adalah HOT SPOT Area, Wi-Fi (Wireless Fidelity).
Sejarah Jaringan Komputer
Konsep jaringan komputer lahir pada tahun 1940-an di Amerika dari sebuah proyek pengembangan komputer MODEL I di laboratorium Bell dan group riset Harvard University yang dipimpin profesor H. Aiken. Pada mulanya proyek tersebut hanyalah ingin memanfaatkan sebuah perangkat komputer yang harus dipakai bersama5. Tetapi konsep ini kurang populer di kalangan umum. Ada yang menyebutkan bahwa DOD (Departement of Defent ) USA yang pertama kali menerapkan jaringan dengan nama TCP/IP6 yang sampai saat ini menjadi protocol yang paling banyak digunakan dalam media komunikasi dalam jaringan komputer. Badan standardisasi dunia ISO (International Standardization Organization) juga mengeluarkan standar protocol yang diberi nama OSI (Open System Interconection). Namun karena kalah populer dengan TCP/IP maka OSI jarang digunakan.
Kenapa TCP/IP lebih popular dari OSI yang dikeluarkan oleh badan standardisasi international. Hal ini dikarenakan TCP/IP melakukan dokumentasi dengan cara Request For Comment (RFC) yang mana membuat garis besar, mendiskusikan, mengedarkan dan membuat pengakuan sebuah aturan dengan komite IETF (Internet Engineering Task Force). IETF adalah sebuah badan non profit di bawah internet Architecture Board (IAB) yang di sponsori oleh pemerintah Amerika dan sekarang menjadi organisasi tebuka dan independen. IAB menyediakan koordinasi untuk R&D mendasari TCP/IP protocol dan pengendali perkembangan internet.
Kegunaan antara OSI dengan TCP/IP pada dasarnya adalah sama yaitu sebagai media komunikasi antar komputer yang terhubung dalam sebuah jaringan. Namun jumlah model referensi antara keduanya berbeda. OSI mempunyai 7 lapis mdel referensi yaitu : Aplikasi, presentasi, sessi, transport, network, datalink ( LLC dan MAC) dan fisik. Sedangkan model referensi dalam TCP/IP hanya 3 lapis yaitu : Aplikasi, transport, internet dan network interface7.

Jenis – jenis Jaringan Komputer
Secara umum jaringan Komputer dibagi menjadi 5 jenis8 yaitu :
  1. Local Area Network (LAN), jaringan ini di gunakan untuk menghubungkan simpul yang berada di daerah yang tidak terlalu jauh seperti dalam suatu bangunan atau suatu area bangunan dengan radius maksimum 10 km9.
  2. Metroplitan Area Network (MAN), jaringan ini mempunyai radius lebih jauh dibandingkan dengan LAN yaitu antara 10 – 50 Km10.
  3. Wide Area Network (WAN), jaringan ini dapat mencakup radius kerja antar benua, melewati batasan geografis Negara dan bersifat milk umum, misalnya SKD (Sistem Komunikasi Data Paket) dan PDN (Public Data Network)11.
  4. Internet (Interconnection Network) adalah sebuah jaringan yang sangat besar yang terdiri dari jaringan – jaringan kecil yang saling terhubung yang menjangkau seluruh dunia.
  5. Wireless.
Diolah dari berbagai sumber.....

Tidak ada komentar: